Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis

siswa autis

siswa autis

Jumlah anak berkesulitan belajar di Indonesia sejak tahun 2005 terjadi lonjakan peningkatan terutama anak penyandang autisme. Salah satu usaha meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pendidikan anak uatisme diperlukan adanya pendidikan integrasi dan implementasi dalam kelas, individu serta pembelajaran modifikasi perilaku.

Memang perlu kita akui bahwa Negara kita belum ada usaha yang sitematis untuk menanggulangi kesulitan belajar anak autisme maka diperlukan upaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan secara umum. Peningkatan pelayanan pendidikan itu diharapkan dapat menampung anak autisme lebih banyak serta meminimalkan problem belajar terutama pada anak-anak autisme (learning problem).

Banyak beberapa kota di Indonesia yang telah menerapkan pendidikan autis di sekolah umum negeri, Surabaya misalnya. Bahkan Surabaya dikenal dengan kota inklusif, karena sekolah negeri sudah menerima anak anak berkebutuhan khusus.

Dan ternyata pendidikan anak inklusi sudah mendapatkan porsinya, dimana anak bisa beraktualisasi dengan minat dan bakatnya. Sehingga bisa kita dapati keberhasilan anak inklusi terutama autis bisa banyak hafalan Al Qur’an, bisa baca Al Qur’an dan hafal semua nama Negara di dunia, bendera bahkan ibu kota di dunia. Juga dapat menghafal presiden Amerika dari pertama sampai sekarang. Seperti Kurnia Alif siswa SMPN 5 Surabaya.

Silahkan liat kecerdasan, keluguan dan kelucuan Kurnia Alif di video berikut ini.

Posted on 5 April 2015, in Pendidikan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: