Merubah Karakter dan Perilaku Peserta didik dengan Salat Berjama’ah

Pendidikan karakter adalah bidikan pemerintah pada saat ini. Untuk merubah karakter dan perilaku, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak teori yang sudah dijelaskan para pakar pendidikan, bahkan telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Akan tetapi ada satu teori yang banyak dilupakan atau tidak dilirik oleh para pakar pendidikan, apa itu ? salat… ya…, salat.

Salat adalah kewajiban bagi seorang muslim dan muslimah. Salat merupakan solusi terbaik dalam membentengi seseorang, karena salat dapat mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Jadi seseorang yang salatnya baik (terjaga) dapat dipastikan sikap dan perbuatannya juga baik. Akan tetapi sering kita jumpai seseorang yang salatnya baik, (tentunya diliat dari keaktifan pelaksanaannya saja) masih berperilaku tidak baik. Yang salah apakah salatnya ? tentu bukan… karena perlu di liat caranya, waktunya, tempatnya dan lain lainnya.

Karena saking penting dan besarnya manfaat salat, maka salat perlu diterapkan dan dilatih sejak dini. Jika di rumah bisa terkontrol oleh orang tua, apakah diluar rumah orang tua bisa terus memantau ? tentu tidak bukan. Maka diperlukan kerjasama yang dibangun oleh pihak orang tua dan pihak sekolah. Sehingga salat anak bisa terjaga, sehingga diharapkan perilaku dan karakter anak bisa berubah menjadi baik. Seperti yang dilakukan di SMPN 5 Surabaya yang mewajibkan salah dhuhur dan asar secara berjama’ah di masjid sekolah.

Bisa ditambahkan dengan salat dhuha dan baca Al qur’an dipagi hari mulai pukul 06.00 – 07.00. Mudah-mudahan dengan pembiasaan salat jama’ah di masjid ini peserta didik karakter dan perilakunya bisa menjadi lebih baik.

aamiin

Posted on 30 Maret 2015, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: